Bisnis Modal Kecil

Ide Bisnis Modal Kecil

Mandiri, kreatif dan inisiatif menjadi tuntutan besar bagi setiap Mahasiswa. Anda tidak boleh bergantung pada kiriman orang tua lagi jika sudah menyandang status tersebut. Mungkin sedikit banyak terpikirkan oleh Anda bagaimana cara menghasilkan uang sendiri. Jika benar demikian, maka carilah peluang bisnis untuk mahasiswa yang menjanjikan.

Setelah lulus kuliah, modal dan pengalaman sangat dibutuhkan dalam bersaing di dunia kerja. Daripada berbisnis hanya untuk menambah uang saku saja, mengapa tidak memanfaatkannya sebaik mungkin. Jika masalah terkendala masalah modal, maka lihat referensi bisnis untuk mahasiswa modal kecil yang cocok dijalankan berikut ini.

10 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok Untuk Mahasiswa

1. Pulsa Elektrik

Jika tidak ingin keluar modal besar, mulailah bisnis kecil-kecilan Anda dengan menjual pulsa elektrik. Apabila dikelola dengan baik, keuntungan yang datang sangat lumayan menjanjikan terlebih bisnisnya mudah dilakukan. Keuntungan yang didapat dalam sekali jual pulsa mulai dari Rp. 500 – Rp. 1.500.

Meski bisnis pulsa elektrik lumayan menjanjikan, namun bukan berarti usaha modal kecil ini tidak memiliki resiko. Utang pembayaran pulsa adalah contoh konsekuensi yang harus siap dihadapi mahasiswa. Apalagi jika pelanggan tersebut juga sesama mahasiswa, teman, kenalan ataupun saudara sendiri.

2. Online Shop

Bisnis untuk mahasiswa yang paling laris diminati adalah online shop. Peluang bisnis digital memang lebih menguntungkan karena efisien waktu dan tempat. Anda bisa mencoba menjual berbagai kebutuhan fashion anak muda seperti baju, rok, celana hijab, sepatu, hingga aksesoris lainnya.

Kemudahan transaksi di dunia maya yang ditawarkan bisnis online shop sangat membantu mahasiswa. Mulai dari kegiatan jual beli, promosi dan sebagainya hanya perlu modal smartphone dan kuota saja. Ada pula beberapa situs marketplace Indonesia yang bisa dimanfaatkan karena memberi peluang mengembangkan bisnis online shop tersebut.

3. Jualan Snack atau Makanan Ringan

Peluang bisnis jualan snack atau makanan ringan muncul ketika letak ruang kuliah jauh dari kantin mahasiswa. Sambil menunggu waktu jeda pergantian mata kuliah yang cukup singkat, mahasiswa setidaknya membutuhkan pengganjal perut. Ambil kesempatan berjualan snack di ruang kelas pada momen tersebut.

Beberapa snack atau makanan ringan dapat dijual bersama dengan air mineral. Jika ingin menjangkau pasaran luar kampus, Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan snack dagangan Anda secara online dengan sistem COD atau pengiriman paket antar wilayah.

4. Bisnis Les Privat

Bisnis les privat merupakan bisnis untuk mahasiswa yang memiliki kemampuan mengajar yang baik. Target Anda adalah siswa SD, SMP, hingga SMA yang butuh les privat ujian akhir sekolah atau tes masuk perguruan tinggi.

Klik lihat: Pengertian, keuntungan dan contoh franchise

Selain mendapat keuntungan dari sisi materi, wawasan pelaku bisnis ini juga semakin luas. Beberapa materi pelajaran les privat yang banyak diminati adalah matematika, biologi, fisika atau biologi.

5. Jasa Pengetikan dan Print

Ternyata keahlian mengetik dan jasa print dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha. Bisnis untuk mahasiswa pemula ini cocok dijalankan di lokasi sekitar kampus atau indekos. Jasa pengetikan dan print sangat laris manis ketika ada banyak tugas dari dosen yang mengampu mata kuliah tertentu.

Karena tidak semua mahasiswa memiliki komputer dan printer, maka peluang bisnis ini sangat menjanjikan. Berikan pelanggan Anda pelayanan yang memuaskan, dengan demikian mereka akan kembali memakai jasa Anda di kemudian hari.

6. Jual Beli Buku Baru atau Bekas

Dalam menunjang kegiatan perkuliahan, buku-buku akademik dibutuhkan oleh mahasiswa. Manfaatkan saja peluang itu dengan mencoba menjual buku baru atau bekas kepada mahasiswa baru dan teman yang membutuhkan.

Beberapa buku akademik terkadang dijual dengan harga cukup tinggi. Jika harga terlalu berat, maka alternatifnya adalah membeli buku bekas yang lebih murah harganya. Kumpulkan buku-buku bekas yang masih layak digunakan untuk dijual kembali dengan harga murah kepada mahasiswa lain.

7. Jasa Penerjemah

Salah satu bisnis mahasiswa untuk 2020 adalah jasa penerjemah. Cara menjalankan bisnis cukup simpel dan tidak pakai modal besar karena yang dibutuhkan hanya keterampilan menerjemah. Peralatan yang harus disiapkan mulai dari gadget, laptop atau komputer yang sudah pasti dimiliki mahasiswa.

Jasa penerjemah juga bisa dijalankan oleh orang umum atau pelajar dan tidak terbatas pada mahasiswa saja. Latih kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jerman, Jepang dan sebagainya dengan baik baru dapat menjalankan bisnis jasa penerjemah.

8. Servis Komputer atau Laptop

Bisnis servis komputer atau laptop bisa mendatangkan keuntungan besar bagi mahasiswa. Jenis usaha ini cukup laris manis di kalangan mahasiswa karena kedua perangkat tersebut menunjang kegiatan perkuliahan. Hampir setiap orang memiliki perangkat komputer atau laptop yang butuh jasa servis untuk hardware dan softwarenya.

Jika memiliki kemampuan memperbaiki komputer atau instalasi perangkat lunak, maka jadikan saja peluang usaha. Cukup promosikan jasa servis Anda kepada teman-teman kuliah atau masyarakat umum yang ingin membenarkan perangkat komputernya.

9. Desain Grafis

Bisnis untuk mahasiswa dengan modal kecil selanjutnya adalah jasa desain grafis. Jenis usaha ini dapat menjangkau perusahaan-perusahaan besar yang butuh identitas logo. Harga jasa seorang desain grafis lumayan besar dan menguntungkan bila ditekuni dengan benar.

Modal yang diperlukan adalah kemampuan mengolah software editing seperti Photoshop, Coreldraw, Ilustrator dan sebagainya. Selain itu, pelaku bisnis ini dituntut memiliki imajinasi dan jiwa kreatif yang tinggi agar dapat mengembangkan desainnya jadi lebih baik.

10. Pertanian

Belum banyak yang tahu ternyata bisnis mahasiswa pertanian cukup menghasilkan profit besar. Meski bidang pertanian cocok dijalankan karena modalnya kecil, sampai saat ini peminatnya tidak terlalu banyak. Beberapa mahasiswa lebih memilih bisnis online shop atau bisnis lain yang dirasa tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga.

Itu tadi beberapa ide bisnis untuk mahasiswa dengan modal kecil yang cocok dijalankan. Jika ingin mendapat penghasilan besar dari usaha tersebut, maka tekuni dengan benar hingga mencapai puncak kesuksesan. Dengan demikian Anda tidak perlu mencari pekerjaan tetapi menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi yang membutuhkan.

Sumber artikel: https://fakta.co.id

Leave a Comment