Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta

Sebagai kota pelajar, Yogyakarta bukan hanya memiliki banyak sekolah dan universitas. Tapi, banyak juga terdapat tempat wisata yang bertema edukasi. Salah satunya adalah Taman Pintar Yogyakarta. Dari namanya saja, kita sudah bisa menebak kalau tempat ini memang menawarkan wisata yang edukatif agar anak semakin pintar. Ya, tempat ini memang ditujukan untuk anak-anak sekolah. Biasanya, kebanyakan pengunjung adalah dari rombongan sekolah, baik sekolah yang berasal dari Yogyakarta maupun luar daerah.

Tentang Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar adalah sebuah wahana bermain sekaligus belajar yang didesain untuk anak-anak. Tempat ini dibangun oleh pemerintah kota Jogja. Di sini, disediakan berbagai sarana pembelajaran ilmu pengetahuan untuk siswa guna mendukung kurikulum pendidikan. Selain itu, tujuannya juga untuk memotivasi anak-anak serta generasi muda agar lebih mencintai ilmu pengetahuan. Wahana yang tersedia tidak hanya akan membuat anak terdidik tapi juga senang. Di sini, siswa bisa melakukan pengamatan langsung. Bisa dibilang, tempat ini merupakan laboratorium yang dikemas dalam bentuk tempat rekreasi.

Dulunya, tempat ini adalah bekas shopping center sebagai pusat perbelanjaan. Namun di tahun 2004, dilakukan relokasi pembangunan. Peresmiannya dilakukan 4 tahun kemudian oleh Soesilo Bambang Yudhoyono yang saat itu menjabat sebagai presiden RI. Target utama dari tempat wisata ini ialah untuk mendukung program pembelajaran di sekolah seawal mungkin.

Lokasi Taman Pintar Yogyakarta

Lokasi tempat ini sangat strategis. Berada di dekat Malioboro, kalian bisa menemukan lokasi tempat ini dengan mudah. Tempat wisata yang edukatif ini beralamat di jl. Panembahan Senopati nomor 1-3 Yogyakarta. Persisnya, Taman Pintar Yogyakarta ini berada di depan Bank Indonesia. Dari perempatan Malioboro atau Titik Nol Jogja, jaraknya hanya sekitar 200 meter saja. Begitu juga dengan tempat populer lainnya yang juga tidak jauh dan bisa ditempuh dengan jalan kaki seperti alun-alun utara, kraton Yogyakarta, Taman Budaya, Benteng Vredeburg, dll.

Rute Menuju Taman Pintar Yogyakarta

Dengan lokasi yang sangat strategis, akses untuk mencapai lokasi ini sangat mudah. Jika kalian dari arah barat, maka arahkan saja kendaraanmu ke Titik Nol Jogja. Taman Pintar Jogja akan terlihat sekitar 200 meter ke arah timur di sebelah kiri (utara). Begitu juga dari arah timur, sebelum sampai ke Titik Nol, maka tengoklah ke arah utara (kanan) untuk melihat pintu masuk tempat ini. Selatan, jika kalian sudah menemukan Pojok Beteng Timur (Jokteng Wetan), maka arahkan kendaraan ke utara. Pada lampu merah kedua, silahkan belok kiri sedikit dan tempat ini ada di sebelah kanan (utara) jalan.

Ada banyak sekali alternative kendaraan yang bisa digunakan untuk mencapai lokasi ini. Salah satunya adalah dengan Trans Jogja. Ojek online juga saat ini sudah menjamur di Yogyakarta sehingga memudahkan kalian untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain dengan tarif yang sangat terjangkau. Jika jaraknya tak terlalu jauh, becak atau andhong juga bisa menjadi pilihan menarik, khususnya kalian yang belum pernah menaikinya. Bus umum dan taksi juga tersedia dan melewati tempat ini.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Taman Pintar Yogyakarta

Sebelum memutuskan untuk berkunjung ke tempat ini, sebaiknya kalian tahu dulu kapan jam bukanya. Tempat ini buka setiap hari Selasa hingga hari Minggu. Jadi, hari Senin libur kecuali apabila bertepatan dengan hari libur nasional. Taman Pintar Yogyakarta buka dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Saat hari libur, biasanya tempat ini sangat ramai pengunjung, khususnya rombongan dari sekolahan baik itu SD, SMP ataupun SMA dan sederajat.

Lalu, berapa tiket masuk yang harus dibayarkan? Tiket masuk Taman Pintar berbeda-beda tergantung dengan siapa kalian datang dan juga berapa umur kalian. Untuk non rombongan, tarif masuknya adalah 10 ribu rupiah untuk anak-anak dan 18 ribu rupiah untuk dewasa. Jika rombongan, tentu saja harga tiket masuknya lebih murah. Namun, harga di atas belum termasuk tiket untuk wahana permainan yang disediakan di dalam. Pasalnya, ada banyak sekali wahana permainan menarik yang sangat seru dan menyenangkan untuk dicoba.

Harga Tiket Wahana-wahana di Taman Pintar

Berbicara mengenai harga tiket, maka tak bisa kita pisahkan dengan harga tiket untuk setiap wahana yang tersedia di Taman Pintar. Berikut adalah daftar selengkapnya:

  1. Wahana Teather 3D

Wahana pertama adalah Teather 3D. Wahana ini termasuk paling diminati banyak anak. Untuk umum, harga tiketnya sebesar 20 ribu sedangkan untuk pelajar hanya 15 ribu saja. Begitu juga untuk rombongan minimal 20 orang, harga tiketnya juga sama, 15 ribu rupiah.

  1. Program Kreativitas

Ada juga beberapa program kreativitas yang bisa dinikmati. Untuk kreasi batik, harga tiket masuknya sebesar 5 ribu baik bagi anak maupun dewasa. Untuk kreasi gerabah, harga tiket masuknya juga sama, 5 ribu rupiah. Lain halnya dengan lukis kaos yang jauh lebih mahal, yaitu 30 ribu untuk anak-anak dan 40 ribu untuk dewasa. Untuk lukis gerabah, harga tiket masuknya adalah 10 ribu rupiah. Untuk hand on science, harga tiket masuknya sebesar 5 ribu rupiah. Terakhir adalah latihan menjadi presenter TV yang tiket masuknya sebesar 10 ribu.

  1. Gedung Paud

Di Taman Pintar Yogyakarta, ada juga gedung paud yang dikhususkan untuk anak-anak dari mulai usia 2 tahun hingga 7 tahun. Tiket masuknya adalah sebesar 3 ribu rupiah untuk anak-anak.

  1. Planetarium

Planetarium adalah salah satu wahana yang umum dan dibuka untuk semua usia. Harga tiket masuknya adalah sebesar 15 ribu rupiah untuk tiap pengunjung.

  1. Wahana Bahari

Satu lagi wahana yang disediakan yaitu wahana bahari. Tiket masuk wahana bahari cukup terjangkau yaitu hanya sebesar 15 ribu rupiah saja untuk masing-masing orang.

Aktifitas Seru di Taman Pintar Yogyakarta

Tempat wisata edukatif ini dibagi menjadi tiga gedung utama yang masing-masing gedung mempunyai bermacam-macam wahana. Pertama adalah wahana di Gedung Kotak yang mana terdapat sepuluh zona. Antara lain adalah zona pengolahan susu, peraga turbulensi, teknologi otomotif, planning city, pengolahan minyak gas & bumi, air untuk kehidupan, batik, koleksi tokoh wayang, koleksi keris dan replika candi Borobudur. Kedua, ada wahana di Gedung Oval. 12 wahana yang tersedia terdiri dari aquarium air tawar, terowongan ilusi, pojok kreasi sains, ICT melihat bumi, zona nuklir, generator Van De Graaf, zona teknologi komunikasi, TV trainer, generator pedal, zona kehidupan purba, zona argo, dan zona cuaca iklim & gempa. Terakhir adalah wahana di Gedung Memorabilia yang memiliki 3 wahana yakni Kepustakaan Kepresidenan, Tokoh Pendidikan dan Sejarah Kasultanan Kraton.

Itulah serunya menjelajahi Taman Pintar Yogyakarta. Kalian bisa kunjungi https://www.kartanesia.com untuk memperoleh informasi seputar paket wisata di Taman Pintar atau wisata lain di Yogyakarta yang begitu menyenangkan.

Leave a Comment